12 Pantangan Makanan Untuk Penderita Asma

Pantangan makanan bagi penderita asma
Pantangan makanan bagi penderita asma

Makanan memanglah sumber tenaga yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk kesehatan. Serupa halnya bagi para pengidap asma yang memerlukan asupan kalori lebih banyak, mencapai 10x cuma untuk bernafas ketimbang orang yang sehat. Hal tersebut diakibatkan karena pengidap asma condong lebih tinggi kebutuhan energinya, yang sehingga diperlukannya asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi.

Dan bagi Anda yang mengidap penyakit asma, dibawah ini ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari, diantaranya :
1. Susu – sebaiknya penderita menghindari konsumsi susu. Karena, susu diyakini bisa menyebabkan terjadinya serangan asma, hal ini dikarenakan susu bisa membuat kelebihan lendir di saluran pernafasan. Susu dan produk susu olahan dari susu juga bisa menyebabkan alergi pada pengidap asma, yang akhirnya memicu terjadinya serangan asma.
2. Jus lemon buatan – penderita asma dilarang untuk mengkonsumsi jus lemon/jeruk nipis hasil buatan bukan yang diperoleh dari memras lemon sendiri.
3. Sulfite – lalu penderita asma juga diharuskan untuk menghindari konsumsi makanan yang mempunyai kandungan sulfite. Karena hal tersebut bisa menimbulkan terjadinya sesak nafas/asma mencapai 20% untuk pengidapnya. Makanan yang mengandung sulfite yang harus dihindari seperti : telur, pati jagung, produk kedelai, teh, acar, sari buah, daun bawang, selada, sirup, manisan, anggur, bir, paprika dsb.
4. Udang – juga merupakan jenis makanan yang dipantang oleh penderita asma, karna udang ini mengandung sulfite, sementara kandungan sulfite ini yang membuat udang lebih awet dan mencegah terjadinya fleck hitam di udang dan dapat pula mengakibatkan terjadinya sesak nafas / asma yang dialami.
5. Kacang tanah – merupakan jenis makanan yang harus dihindari pengidap asma, meskipun hanya memakan 1 butir saja akan berakibat buruk pada kesehatan saluran pernafasan.
6. Jenis makanan lain – seperti roti, sereal, dan ikan, juga sebaiknya dihindari oleh penderita asma.
7. Kentang kemasan – sebaiknya penderita menghindari konsumsi produk olahan kentang seperti kentang goreng yang dibekukan/ kentang goreng yang dikemas, karna didalamnya terdapat kandungan sulfite yang tinggi.
8. Jeruk – adalah jenis buah yang mengandung tinggi vitamin C dan bisa menambah sistem imun tubuh. Tapi, sapa yang menduga apabila jeruk bisa memicu terjadinya serangan asma. hal ini dikarenakan kandungan zat asam yang ada didalam buah jeruk ini bisa mengakibatkan asma kumat/kambuh.
9. Cokelat – makanan jenis cokelat ini memang paling banyak disukai oleh kalangan masyarakat, namun pengidap asma harus menghindarinya. Sebab, kandungan lemak yang ada pada cokelat bisa menyebabkan asma kambuh.
10. Durian – merupakan jenis buah yang harus dihindari oleh penderita asma. Sebab, durian ini mengandung gas yang dapat mengganggu pernafasan serta menyebabkan kumatnya penyakit asma.
11. Pepaya – ada baiknya pengidap asma menghindari memakan buah pepaya. Karna getah pepaya ini bisa membuat jalur pernapasan seseorang menjadi gatal, dan jika pengidap asma memakan pepaya, maka bisa memicu asma kambuh.
12. Makanan bersantan – pengidap asma sebaiknya menjauhi jenis makanan yang bersantan, karena jenis makanan bersantan mengandung lemak jenuh yang dapat membuat pengidap asma kesusahan bernafas.

Baca juga obat asma herbal yang ampuh dan manjur.

So, asma itu merupakan penyakit yang bisa kumat cuma karna mengkonsumsi makanan yang salah dan yang dilarang oleh penderita asma itu sendiri. Dan, diatas itu merupakan beberapa jenis makanan yang wajib Anda hindari, dan apabila Anda masih saja nekat untuk mengkonsumsinya, tentunya asma yang Anda derita akan semakin parah.

Sekian informasi tentang pantangan makanan penderita asma yang bisa saya berikan, apabila ada kekurangan dalam pemberian dan penyampaian mengenai hal diatas, mohon di maafkan.. dan terima kasih, semoga bermanfaat untuk Anda samua yahh ksususnya bagi penderita asma, dan bisa menambah wawasan bagi Anda yang sehat.

sumber : https://en.wikipedia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *