Kandungan Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Bawang Merah
Bawang Merah

Kandungan bawang merah bagi kesehatan tubuh – bawang merah adalah salah satu bumbu favorit yang banyak digunakan sebagai pelengkap dari berbagai macam penyakit, baik dapat digunakan secara mentah maupun diolah dicampur berasama makanan tersebut. Olahan bawang merah mentah banyak kita jumpai pada campuran acar timun, sedangkan olahan bawang merah pelengkap dapat dijadikan bawang goreng yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai macam makanan. Dibalik banyak kegunaan nya tersebut ternyata tidak sedikit pula orang yang kurang begitu suka mengkonsumsi bawang merah dengan alasan takut mulutnya menjadi bau atau takut memiliki bau badan yang tidak sedap, atau karena memang tidak suka dengan rasanya. Namun di sisi lain, ternyata bawang merah memiliki banyak khasiat kesehatan bagi tubuh kita.

Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada bawang merah yang dapat memiliki khasiat kesehatan pada tubuh kita.

1. Organosulphur
Kandungan pertama pada bawang merah adalah senyawa organosulphur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bawang merah memiliki kandungan senyawa organosulphur yang tinggi, yaitu senyawa sulfur yang secara efektif dapat membantu mengatasi dan mengurangi resiko terkenanya kanker lambung dan kanker prostat. Senyawa organosulphur ini bisa menciptakan lapisan pelindung ketika tubuh melakukan aktivitas melawan sel kanker di kelenjar perut dan prostat.

2. Quercetin
Selain memiliki kandungan organosulphur, Bawang merah juga memiliki kandungan senyawa bernama quercetin yang bersifat sebagai antioksidan, anti-jamur, dan juga anti-inflamasi. Dengan adanya kandungan quercetin, bawang merah dipercaya bisa membantu mencegah terjadinya penyakit kanker dengan menangkal radikal radikal bebas baik dari dalam tubuh maupun luar tubuh. Selain itu, senyawa quercetin juga diketahui memiliki khasiat yang ampuh dalam menyembuhkan demam atau flu.

3. Allicin
Kandungan selanjutnya pada bawang merah adalah senyawa Allicin, senyawa ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian, mengonsumsi bawang merah secara rutin dapat diketahui membantu menurunkan dan menjaga tekanan darah di titik normal.

4. Onionin A
Kandungan terkahir yang terdapat pada bawang merah adalan onionin A. Senyawa ini cukup efektif dalam mengurangi peradangan dan rasa sakit yang diakibatkan oleh berbagai penyakit. Dengan adanya kandungan senyawa Onionin A diyakini dapat mengurangi rasa sakit baik itu permanen maupun sementara. Mengonsumsi bawang merah secara rutin juga akan membantu mengatasi penyakit lainnya seperti alergi, asma, dan radang pada persendian.

Nah itulah kandungan kandungan yang terdapat pada bawang merah yang perlu kita ketahui yang dapat memberikan khasiat kesehatan bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat.

sumber : www.medicalnewstoday.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *